Kamu Harus Coba, 4 Tips Mendapat Tempat Tinggal Gratis saat jadi Mahasiwa Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Sunday, July 24, 2022

Kamu Harus Coba, 4 Tips Mendapat Tempat Tinggal Gratis saat jadi Mahasiwa Unila


Menjadi mahasiswa merupakan masa perjuangan yang sangat terasa. Pasalnya sebagian besar mahasiswa Unila berasal dari berbagai daerah di luar Bandar Lampung, bahkan Warga Negara Asing (WNA).

Beberapa pilihan mahasiswa dalam memilih tempat tinggal semasa melaksanakan studi di Universitas Lampung, seperti tinggal bersama sanak keluarga, asrama, mengontrak rumah bersama teman satu daerah ataupun jurusan, ada juga yang memilih untuk menyewa kost sendiri sampai selesai kuliah.
Pilihan-pilihan di atas tentunya tidak ada yang salah, tetapi apakah kamu tahu bahwa kamu dapat pula memperoleh tempat tinggal secara gratis. Setidaknya kamu harus paham bagaimana cara mendapatkan tempat tinggal gratis selama menjadi mahasiswa.

Berikut 4 tips yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tempat tinggal gratis semasa menjadi mahasiswa Universitas Lampung :

1. Ikut organisasi
Tidak bisa dipungkiri, seorang mahasiswa tidak cukup jika hanya belajar di ruangan tertutup berbentuk kubus dengan papan tulis di depan, dan tatanan kursi yang ada di dalamnya yang disebut ruang kelas.
Seorang mahasiswa harus pandai mencari organisasi agar dapat mengembangkan softskill dan mendapatkan jaringan/networking. Salah satu keuntungan jika kamu mengikuti organisasi adalah kamu bisa mendapatkan tempat tinggal secara gratis.

2. Menjadi pengurus rumah ibadah
Menjadi pengurus rumah ibadah menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk kamu yang suka dan giat dalam menjalankan kegiatan agama atau memiliki jiwa religious yang tinggi. Betapa tidak, kamu akan mendapatkan benefit tinggal secara gratis, insentif dan yang paling penting kamu dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan kondisi lingkungan yang mendukung.

Menjadi marbot masjid misalnya, kamu tidak hanya harus sholat tepat waktu bahkan kamu sendiri yang harus mengumandangkan adzan untuk memanggil jamaah sholat. Luar biasa sekali bukan, banyak bonus yang bisa kamu dapatkan.

3. Mendaftar beasiswa yang menyediakan asrama gratis
Tips selanjutnya yaitu mengikuti beasiswa yang menyediakan asrama gratis. Beberapa beasiswa menyediakan asrama gratis untuk penerimanya (Awardee), tentu saja sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari beasiswa, sekaligus tempat tinggal gratis juga pembinaan dan kegiatan pengembangan di dalamnya.

4. Pondok Pesantren
Bagi mahasiswa yang berasal dari latar pendidikan agama pasti akan merindukan suasana belajar di Pondok Pesantren. Banyak sekali penawaran asrama dengan berbagai kegiatan layaknya pondok pesantren yang akan kamu temui dengan biaya 0 rupiah untuk kamu. Akan tetapi, kamu harus pandai memilih dan memilah pondok pesantren yang sesuai dengan latar belakangmu. Jika kamu salah pilih bukan tidak mungkin kamu akan mendapat brainwash atau cuci otak dengan ujaran-ujaran kebencian.
Pilihlah pondok pesantren yang memiliki sanad keilmuan yang jelas, sehingga ilmu agama yang kamu dapat juga akan bersanad dan sampai ke Rasulullah SAW.

Cukup sekian Tips kali ini, tetap semangat dan selamat mencoba !



Agus Nurwahid (PTK 2019)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda