Kiai Siraj Ajarkan Kita Menghormati kepada Siapapun - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Annahdliyah

Friday, November 21, 2014

Kiai Siraj Ajarkan Kita Menghormati kepada Siapapun

Acara peringatan Haul Simbah Kiai Siraj yang digelar bertepatan dengan waktu pelakasanaan ‘Pengajian Akbar Solo Bersholawat’, Rabu (19/11) malam, sedikit berpengaruh pada banyaknya jemaah yang hadir.

Namun, dari pantauan NU Online acara haul yang dilangsungkan di Pesantren As-Siraj Panularan Solo tetap berjalan dengan khidmat. Ribuan jemaah yang hadir juga larut dalam acara yang dirangkai dengan pembacaan dzikir, sholawat dan manaqib yang dibacakan oleh KH Makin Shoimuri, cucu Kiai Siraj.


Kiai Makin yang kini menjadi salah satu pengasuh di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang tersebut menjelaskan tentang riwayat kehidupan kakeknya. Antara lain tentang masa ketika Kiai Siraj tengah mencari ilmu.

“Mbah Siraj ini pernah berguru ke berbagai ulama, antara lain Kiai Soleh Darat Semarang dan Kiai Dimyati Tremas Pacitan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dipaparkan mengenai pribadi Kiai Siraj yang juga dikenal sebagai salah satu mursyid thariqah Naqsabandiyah Qadiriyah. “Beliau mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menghormati kepada siapapun, bahkan kepada orang non-muslim sekalipun,” tuturnya.

Kiai Siraj selain memiliki akhlak yang mulia, juga diketahui khalayak karena memiliki beberapa karomah. Hal ini membuatnya dianggap banyak orang sebagai salah satu waliyullah.

Acara peringatan haul Kiai Siraj ini sekaligus untuk memperingati haul beberapa anak keturunannya, antara lain Kiai Shoimuri (pernah menjadi Rais Syuriyah PCNU Boyolali) dan Kiai Mubin Shoimuri (Ketua PCNU Kota Solo). (Ajie Najmuddin/Mahbib)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda