KMNU Universitas Lampung Gelar Aswaja Youth Camp Secara Daring - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Annahdliyah

Monday, February 15, 2021

KMNU Universitas Lampung Gelar Aswaja Youth Camp Secara Daring

 


LAMPUNG – Keluarga Mahasiswa Nahdhlatul Ulama Universitas Lampung telah usai melaksanaan pengkaderan tingkat 1 atau Aswaja Youth Camp. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom dan dihadiri lebih dari 100 orang yang meliputi peserta, alumni, panitia, dan anggota KMNU. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 109 peserta dari berbagai angkatan dan jurusan yang ada di Universitas Lampung mulai dari angkatan 2018 sampai 2020.

Kegiatan ini dibuka oleh Pak Purwo selaku pembina KMNU Unila. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar semua yang mengikuti Aswaja Youth Camp dapat istiqomah serta apa yang didapat nanti bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mudah-mudahan yang mengikuti kegiatan ini bisa tetap istiqomah bukan hanya sekedar mengikuti, tetapi juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.” Ujarnya.

Selain itu, beliau juga berpesan kepada pengurus KMNU Unila yang baru agar tetap istiqomah dalam membimbing dan membina KMNU khususnya para anggota baru.

“Dan yang pasti untuk para pengurus juga dapat istiqomah dalam mengawal, membimbing, dan membina KMNU khususnya para anggota baru dalam beramaliyah Ahlu Sunnah Waljamaah serta tidak malu mengakui identitasnya sebagai orang NU.” Tambahnya. (13/21)

Dalam pelaksanaannya, Aswaja Youth Camp ini di isi oleh pemateri-pemateri yang merupakan alumni KMNU Unila sendiri. Pemateri – pemateri tersebut diantaranya:

1.      Mas Tito                : KeAswajaan
Mas Fuad               : Ke-NU-an
Mas Wiwit             : Analisis Diri
Mba Istiqomah      : Kewirausahaan
Mba Edamma        : Keorganisasian
Mas Rosihun         : Gerakan Mahasiswa
Mas Agus              : Ke-KMNU-an

Aswaja Youth Camp dilaksanakan mulai hari Sabtu pukul 09.00 WIB sampai pada hari Minggu pukul 22.00  WIB. Kegiatan ini terlaksana dan lancar serta ramai, terlihat dari antusias panitia dan peserta dalam mengikuti AYC ini. Meskipun dilaksanakan secara daring via Zoom, hal itu tidak menjadi alasan bagi mereka untuk tetap mengikuti kegiatan sampai selesai.

Pada hari Minggu pukul 20.00 WIB proses pembaiatan dilaksanakan. Pembaiatan dipimpin oleh Teguh Wiwit (KMNU 2017). Terdapat 98 peserta yang lulus dan 11 peserta yang lulus bersyarat.

Diakhir kegiatan, ketua umum KMNU Unila 2021 Andi Adam menyampaikan wejangan kepada anggota baru KMNU yang baru saja di baiat. Beliau menyampaikan agar ikhlas dan tidak mencari jabatan di KMNU “Tanamkan pada diri kalian, jangan mencari jabatan di KMNU, karena ketika kalian ingin mencari jabatan itu akan merubah niat dan hikmat awal kalian masuk KMNU.” Ujar ketua umum KMNU Unila 2021, Minggu (14/02/21).

“Di KMNU ini kalian akan dilatih dalam melaksanakan amaliyah NU salah satunya rutinan yasin dan tahlil dan masih banyak amalan-amalan lainnya yang InSyaAllah banyak manfaatnya. Dan AYC ini sebagai proses ikatan selama berada di KMNU Unila sampai lulus dan menjadi alumni.” Tutup mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 ini.

Diharapkan setelah terlaksananya Aswaja Youth Camp ini, anggota baru serta seluruh anggota KMNU Unila dapat istiqomah dalam melaksanakan amaliyah Ahlu Sunnah Wal Jamaah di kampus dan masyarakat.

Vevy Anggraini – FKIP

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda