Kajian Kitab Arbain Nawawi, Hadist 25 - 31 | KMNU Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Saturday, March 20, 2021

Kajian Kitab Arbain Nawawi, Hadist 25 - 31 | KMNU Unila

Notulensi ngaji kitab arba'in nawawi

Senin, 15 Maret 2021

Melalui Zoom Meeting

Oleh Kang Rosihun

 Hadist 25

Ada sekelompok sahabat rasul tanya ke rasul, ya nabi orang² yg punya kekayaan banyak pahalanya banyak, sedekahnya banyak. Orang yang belum kaya ingin kaya biar banyak sodaqoh.  Sesungguhnya setiap takbir, tasbih, Alhamdulillah, tahlil, ngajak hal kebaikan, mencegah kemungkaran itu semua sodaqoh. Hal apapun jika kita ngajak kebaikan semua diitung sodaqoh walaupun yang diajak tidak menjalankan dan apabila yang diajak mau maka pahalanya berlipat. Diskusi bersama dalam hal kebaikan itupun diitung berpahala.

 

Hadist 26

Mengadili setiap perkara kemudian disatukan kembali Insya Allah dihitung shodaqoh. Membantu seseorang dalam hal apapun itu shodaqoh.  Jalan menuju sholat dari jalan wudhu hingga sholat terhitung shodaqoh. Menyingkirkan hal² yg menghalangi itu dihitung shodaqoh.

 

Hadist 27

Membahagiakan istri anak ortua berpahala. Kebahagiaan itu yang menyenangkan hati.

 

Hadits 28

Harus bertaqwa kepada Allah meskipun yang menyuruh itu hanya seorang hamba. Jangn sakiti orang tua anak² perempuan, merusak tumbuhan, hewan dll. Jika ingin selamat pegang sunnahnya Rasullullah.

Bab bagian bidah, ex sholat tarawih kita itu 20 rakaat karena mengikuti abu bakar. Kita ngikut tahlil, sholawat, tarawih berjamaah, yasinan, dzikir, berjanji dari jaman sahabat Rasulullah.

Bidah itu sama sekali tidak ada riwayat nya.dari rasul maupun sahabat.

Syariat dari nabi gak gampang marah, ada perbedaan ya sudah, jangan dimusuhi.

 

Hadits 29

Kita gampang masuk syurga jika Allah menghendaki. Tidak syirik. Sholat puasa ramadhan bayar zakat haji, Insya Allah syurga dan Istiqomah.

Sodaqoh menghilangkan dosa²,Sholat malam

Jika pengen aman jaga bibir jaga lidahnya. Katakan yang baik atau lebih baik diam. Nanti akan ada hisabnya.

 

Hadits 30

Allah sudah memberikan batasan jangan dilanggar. Rahmat Allah sangat besar. Mengingat² dosa yg terlalu itu termasuk Sombong karena Allah rahmatnya besar makanya cukup sekedarnya saja dan segera susul dengan hal² yg baik bisa juga dengan sodaqoh.

 

Hadist 31

Zuhud urusan dunia tapi jangan dihati. Jika pengen dicintai Allah cukup Zuhud urusan dunia. Jangn mencintai apa yang dicintai manusia yang over. 

Degit (FKIP'19)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda