Ngaji Kitab “Khulasoh Nurul Yaqin” - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Sunday, May 2, 2021

Ngaji Kitab “Khulasoh Nurul Yaqin”

Notulensi Ngaji Kitab “Khulasoh Nurul Yaqin” 
Bersama Mas Fuad Hasyim, S.Sos.
Ahad, 02 Mei 2021
Melalui Google Meet

10. Perjalanan Hidup Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW sangat popular di kaum nya dengan sifat-sifat terpuji seperti: benar, jujur, amanat, sabar, malu, rendah hati, sehingga mereka memberi gelar kepada Nabi Muhammad SAW “AL-AMIN” atau orang yang dapat dipercaya.

Kaum dan keluarga Nabi Muhammad SAW sangat mencintai dan menghormati Nabi Muhammad SAW.

Sesungguhnya Allah telah memelihara/menjaga Nabi Muhammad SAW dari perbuatan jahiliyah sejak dari masa kecilnya, Nabi Muhammad SAW tidak sekalipun meminum arak dan tidak sekalipun sujud untuk menyembah berhala.

Sebelum menjadi Nabi, Allah telah memuliakan Beliau SAW dengan beberapa mukjizat yang menunjukkan kebenaran Allah, dan diantaranya adalah selalu menyertai Beliau SAW awan ketika perjalanan Beliau SAW yang kedua ke negeri Syam.


11. Kehidupan Nabi SAW Sebelum Menjadi Rasul

Ketika hampir memasuki umur 40 tahun, Nabi Muhammad SAW sangat menyukai menyepi dari pergaulan umum dengan memperbanyak ibadah.

Nabi Muhammad SAW memilih beribadah di Gua Hira’ yaitu sebuah gunung di jalanan Mekkah.

Nabi Muhammad SAW membawa bekal ke gua tersebut, apabila bekalnya habis maka Nabi Muhammad SAW Kembali ke istri Beliau Siti Khadijah untuk mengambil bekal tadi.

Nabi Muhammad SAW menjalankan ibadah di gua tersebut dengan cara ibadah agama kakek Beliau yaitu Nabi Ibrahim as. dari sepuluh hari sampai sebulan lamanya. 

Chantrika Anindhia (FKIP 2020)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda