Ngabuburit Sore Berfaedah ala KMNU Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Wednesday, May 5, 2021

Ngabuburit Sore Berfaedah ala KMNU Unila


Sebagai bagian dari program kerja Departemen Kajian Dakwah & Sosmas Unila, KMNU Unila mengadakan acara Ngasor atau Ngabuburit Sore bertemakan "Melangkah Menjadi Entrepreneur Muda" melalui platform zoom cloud meeting pada Selasa kemarin (04/05/2021).  Kegiatan ini dimulai pada pukul 16.30 WIB dan berlangsung selama satu setengah jam dipandu oleh Master of Ceremony yaitu Ulfia Nur Anisa, Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia 2020.

 

Dalam pembukaan acara tersebut, Ketua Umum KMNU Unila, Andi Adam Rahmanto mengingatkan kepada para audiens untuk benar-benar memperhatikan materi yang akan disampaikan oleh narasumber. "Pelajarilah hal yang nanti akan disampaikan agar kita menjadi seorang yang profesional tetapi masih dalam tingkatan kita, belum ke perusahaan. Harapannya ketika kita sudah bisa menempatkan diri kita menjadi orang yang profesional dari tahap terkecil. Maka kita kelak juga akan menjadi orang yang memiliki integritas serta keprofesionalan dalam bidang yang akan kita jalani kelak", ujarnya.

 

Acara ini dimoderatori oleh Erna Wahyu Septiana, Pendidikan Fisika 2020. Dan menghadirkan narasumber yang sangat istimewa yakni Indah Murnia Sari, Bendum KMNU Unila 2019/2020 yang meraih PMW tahun 2020 dan juga merupakan owner dari @buket_asikbdl.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan akan bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang baik, langkah awal mendirikan usaha, hingga manajemen waktu antara kuliah dan usaha. Disamping itu, narasumber juga memaparkan informasi tentang Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) serta tips sukses meraihnya sehingga akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang mengikuti PMW.

 

Setelah narasumber selesai memaparkan materinya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan saat sesi itu berlangsung. Salah satunya dari Dede Gita Pratiwi, Pendidikan Bahasa Inggris 2019, ia menanyakan apa yang harus dilakukan jika sudah memiliki ide usaha namun bingung dengan langkah awalnya, di tambah lagi ada perasaan takut untuk memulainya?

 

Pertanyaan itu pun langsung dijawab oleh sang narasumber "Pertama, jangan takut. Bila kita sudah memiliki ide, coba uraikan dalam bentuk tulisan seperti bahan dan alat apa saja yang diperlukan. Kemudian, cari referensi proposal mirip dengan usaha yang ingin kita ajukan. Setelah itu, kita bisa mencari poin plus dari produk kita dibanding yang lainnya. " Setelah sesi tanya jawab berakhir, ditutup dengan Closing Statement oleh narasumber: "Ketika kita mau mendirikan usaha, kita harus tau dulu nih pasarnya seperti apa. Orang-orang di sekitar kita circlenya gimana dan kesukaannya apa. Kalau jualan, jangan sampai menolak pesanan customer karena ke depannya mereka gak mau lagi untuk pesan ke kita dan lebih memilih ke tempat lain. Jadi jangan sampai kehilangan pelanggan. Yang penting kita selalu konsisten dalam memperbaiki produk/produk makanan yang kita jual. Jadi yang tadinya rasanya keasinan, maka produk selanjutnya kita perbaiki jangan sampai keasinan atau terlalu manis. Contohnya kayak mbak pertama buat buket itu belum bisa serapih sekarang. Hargailah proses.

 

"Yang penting kita harus percaya diri, yakin dan selalu memperbaiki diri sendiri dan apapun yang kita produksi." tuturnya.

[Infokom/Faadhilah Rahmatika]


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda