Untuk meningkatkan pemahaman jurnalistik, KMNU Unila adakan "Pelatihan Jurnalistik" - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Sunday, May 30, 2021

Untuk meningkatkan pemahaman jurnalistik, KMNU Unila adakan "Pelatihan Jurnalistik"

Bandarlampung: Telah berlangsung kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Departemen Informasi dan Komunikasi KMNU Unila melalui platform Zoom Meeting, Sabtu (29/5). 

Kegiatan ini mengusung tema "Mengenal dan Memahami Jurnalistik sebagai Media Massa yang Menarik" dengan menghadirkan narasumber yang sangat istimewa yaitu Adam Rouf Hidayat, Sang Ketua Umum KMNU Unila 2017.

Pelatihan yang diadakan KMNU Unila ini bertujuan agar para peserta lebih memahami bagaimana cara membuat berita yang menarik tanpa menghilangkan nilai keobjektifannya.  

Narasumber pun menjelaskan materi tentang Teknik Menulis Berita. Termasuk di dalamnya definisi dari sebuah jurnalisme, nilai berita, bagaimana menulis berita hingga melaporkannya. 

"Ada beberapa rumus yang harus kita cantumkan dalam berita dan nilai-nilai yang tidak boleh atau selain dari poin ini. Pertama adalah mendidik, kedua ialah mencerahkan, ketiga yakni memberdayakan, dan terakhir yaitu kebangsaan/NKRI", tuturnya.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan menimbulkan antusiasme yang baik dari para peserta, terbukti dari masuknya beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh narasumber. 
Salah satu pertanyaan dari peserta, 
"Bagaimana cara agar judul artikel yang kita buat termuat di headline google?" 

Jawaban dari sang narasumber, 
"Caranya itu hampir sama dengan membuat artikel di blog. Jadi kita harus mencari kata kunci dari suatu kata yang umum dipakai oleh masyarakat. Kemudian pengulangan kata, seberapa banyak kata itu muncul di artikel kita maka kemungkinan besar berita itu akan termuat dalam kolom pencarian google."

Setelah sesi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan diakhiri sesi foto bersama. 

[Infokom/Faadhilah Rahmatika]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda