Mengulik Kesetaraan Gender Kala Pandemi dalam Webinar KMNU Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Monday, June 28, 2021

Mengulik Kesetaraan Gender Kala Pandemi dalam Webinar KMNU Unila


Departemen Mar'atussholihah KMNU Unila menyelenggarakan kegiatan webinar khusus akhwat melalui platform zoom meeting pada hari Selasa (22/05/2021).

Kegiatan yang bertemakan "Peran Perempuan dalam Usaha Meraih Kesetaraan di Masa Pandemi Covid-19" ini menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa, yakni Nuri Resti Chayyani, S.E., M.E. yang merupakan salah satu alumni KMNU Unila. Serta dipandu oleh Fatimah Tuzaroh (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2019). 

Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik dimana sang narasumber memaparkan materinya dengan jelas. Mulai dari apa itu gender, perbedaan antara gender dengan jenis kelamin yang masih sering disalahartikan oleh sebagian orang, hingga bentuk-bentuk ketidakadilan gender yang dialami baik oleh laki-laki ataupun perempuan. Sang narasumber pun menjelaskan bagaimana sejarah dari kesetaraan gender itu mulai digaungkan oleh dunia. 

Terdapat fakta menarik bahwa, Indonesia menduduki peringkat ke 10 di Asia dalam hal Kesetaraan Gender. 

Namun sayang, kesetaraan gender ini mengalami kemunduran secara global di kala pandemi (Menurut Laporan Kesenjangan Gender Global 2021 yang dirilis oleh World Economic Forum, 31 Maret 2021).

Setelah sesi pemaparan materi, diadakan sesi tanya jawab dengan satu pertanyaan saja. 

Selanjutnya moderator memberikan kesimpulan atas materi yang telah disampaikan oleh narasumber, sebagai berikut:

"Pengertian dari gender adalah perbedaan peran, fungsi, dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan dari hasil konstruksi sosial. Kemudian, lahirnya ketidaksetaraan gender itu terjadi karena adanya masyarakat yang masih menyalahartikan tentang kodrat. Selanjutnya, adapun bentuk-bentuk ketidakadilan gender tersebut antara lain seperti marginalisasi, subordinasi, adanya tindak kekerasan serta double burden atau beban ganda".

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan penutupan, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Faadhilah R-Infokom

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda