Ngaji Kitab Aqidatul Awwam, KMNU Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Saturday, July 17, 2021

Ngaji Kitab Aqidatul Awwam, KMNU Unila

Notulensi Ngaji Kitab “Aqidatul Awam” 
Bersama Mas Tito Gustowo (Presnas 5 KMNU Pusat)
Jum'at, 16 Juli 2021
Melalui Google Meet

1. Iman kepada Malaikat
Jumlah malaikat tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Yang wajib kita imami hanya 10. 
Ruusul Malaikat
Alfatil ula : Munkar dan Nakir ( penanya dalam kubur) wujudnya digambarkan warnanya hitam besar dan taringnya bisa membakar bumi, mempunyai rambut panjang terurai sampai ke bumi, pandangannya seperti kilat. Suara nya seperti kilat atau menyambar, jika berkata keluar dari mulutnya api, nafasnya mengeluarkan angin yang kering. Munkar membawa gada dari besi, jika alam bumi dan malaikat dipukul maka akan hilang, kedua malaikat bertugas menanyakan manusia dan jin. Malaikat Munkar dan Nakir datang setelah orang 7 langkah meninggalkan kubur, imam Ibnu Hajar berpendapat bahwa ruh akan kembali setelah meninggal hanya separuhnya saja, ketika ruh dikembalikan tidak semuanya kita akan merasakan tidak hidup dan tidak mati. Cacing2 akan keluar ketika ditanya malaikat Munkar dan Nakir. Datangnya malaikat itu mengagetkan, jika orang muslim malaikat akan datang dengan sopan. 

Soalnya setiap orang berbeda-beda,.orang yang tidak ditanyain dalam kubur yaitu para nabi, orang rajin membaca surah al-mulk, orang yang membaca Al ikhlas. Dinamai Munkar dan Nakir karena tidak ada satupun makhluk Allah yang sama dengan malaikat tersebut. Allah SWT menciptakan malaikat Munkar dan Nakir paling unik. Datang kepada orang mukmin dengan lemah lembut karena pada saat saidina Umar meninggal, ketika malaikat Munkar dan Nakir datang saidina Umar kaget dan digertak dengan larangan jika mendatangi muslim tidak sopan. Malaikat rumman datang sebelum malaikat Munkar dan Nakir datang, wahai hamba Allah tulis lah semua amalmu, yang menjadi kertasmu ingatan mu sendiri menjadi kertas dan lidah kita menjadi tintanya. 

Ada dua malaikat penjaga : malaikat hafidzun dari bahaya, malaikat rakib dan atid. Setiap orang mukmin 10 dimalam dan 10 disiang (jumlah malaikat hafidzun). 

Malaikat yang memiliki gudang surga dan neraka: Ridwan dan Malik . Malaikat zabaniah ada 19 kelompok dan jumlah tentara malaikt Malik kecuali Allah. Neraka paling atas yaitu neraka jahanam (mukmin fasik atau maksiat), neraka ladzo, neraka hutomah, neraka sair (Yahudi menyembah sapi), sakor (majusi), jahim (penyembah berhala), hawiyah (munafik dan orang kafir), bahan bakar nya.manusia dan batu.  Malaikat Ridwan penjaga surga Allah SWT. Pintu surga ada 8 yaitu pintu dua sahadat, solat, puasa, zakat, haji, amar ma'ruf, jihad, menjaga pandangan. Surga yang paling baik yaitu surga firdaus terletak di tengah, atasnya surga itu arsy nya Allah.

Tata Atmadewi-FKIP'19

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda