Tips Memilih Organisasi Kampus, Mahasiswa Baru Wajib Tau! - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Monday, August 21, 2023

Tips Memilih Organisasi Kampus, Mahasiswa Baru Wajib Tau!

 Tips Memilih Organisasi Kampus, Mahasiswa Baru Wajib Tau!

Di perguruan tinggi, kamu tidak hanya belajar. Ada banyak organisasi yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan skill-mu. Simak tips memilih organisasi kuliah di sini!


Perguruan tinggi tak hanya menjadi sarana tempat menuntut ilmu saja. Namun, di perguruan tinggi kamu juga bisa meningkatkan skill dan jaringan pertemanan melalui organisasi. Ada berbagai organisasi di perguruan tinggi, mulai dari organisasi intra kampus hingga organisasi di luar kampus (organisasi eksternal). Organisasi kampus ini tentu memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing.


Setiap kampus memiliki beragam organisasi kemahasiswaan, seperti organisasi himpunan jurusan, organisasi tingkat fakultas, dan UKM Universitas. Banyaknya jenis organisasi kuliah tentu membuat kamu bingung untuk memilih salah satu di antaranya, bahkan tak jarang seorang mahasiswa mengikuti beberapa organisasi. Sebelum menentukan pilihan organisasi kuliah, sebaiknya kita mempertimbangkan beberapa hal.

Berikut ini beberapa tips memilih organisasi kemahasiswaan yang tepat. 

1. Pilih organisasi sesuai hobi

Untuk tujuan mengembangkan diri dan meningkatkan skill yang dimiliki, kamu bisa memilih organisasi kampus sesuai dengan hobimu. Misalnya, kamu punya hobi olahraga, kamu bisa memilih organisasi atau UKM tentang olahraga. Memilih organisasi dan UKM sesuai hobi dapat membuat kita merasa nyaman saat menjalankannya.


2. Pahami program kerjanya 

Setiap organisasi kampus pastinya mempunyai fungsi dan tujuan masing-masing. Hal ini tentu berkaitan dengan program kerja organisasi atau UKM tersebut. Sebelum masuk ke dalam sebuah organisasi, pastikan kamu mengetahui program kerja dan mengenal anggota organisasi agar kamu mengetahui tujuan serta visi dan misi organisasi tersebut.


3. Hindari mengikuti keinginan teman

Pastikan kamu memilih UKM atau organisasi yang sesuai dengan keinginanmu, bukan keinginan orang lain, terutama temanmu. Jika kamu memiliki fisik yang tidak cukup kuat untuk mendaftar UKM olahraga seperti temanmu, sebaiknya kamu tidak mengikutinya. Memilih organisasi kuliah sesuai dengan passion-mu agar tidak menyesal setelah masuk organisasi tersebut.


4. Pastikan bisa membagi waktu

Sebelum bergabung dalam organisasi atau UKM universitas, sebaiknya kamu mengetahui jadwal dan tingkat kepadatan aktivitas organisasi kuliah tersebut. Hal itu bertujuan agar kamu bisa membagi waktu antara perkuliahan dan organisasi dengan baik. Membagi waktu saat kuliah perlu dilakukan agar prestasi akademik dan non akademikmu seimbang.


5. Daftar organisasi di luar kampus

Selain organisasi di dalam kampus, kamu juga bisa memilih organisasi di luar kampus, seperti KMNU (Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama). Tak hanya itu, masih banyak organisasi di luar kampus yang tentunya bermanfaat untuk masa depanmu. 


Itulah tips memilih organisasi kemahasiswaan yang tepat supaya kamu bisa meningkatkan dan mengasah skill yang kamu miliki.


Oleh : Pupah Yanti (Kader Penggerak KMNU)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda