Mahasiswa Harus Tahu, 6 Cara Menghubungi Dosen Agar Tidak dicuekin - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Monday, July 4, 2022

Mahasiswa Harus Tahu, 6 Cara Menghubungi Dosen Agar Tidak dicuekin


Sebagai mahasiswa, tahukan kamu bagaimana cara untuk menghubungi dosen pembimbing melalui WhatsApp? atau kamu merasa takut untuk mengubungi dosen atau kakak tingkatmu?

Mungkin kamu takut pesanmu tidak direspon sehingga ditandai mahasiswa yang tidak sopan. Pasti masalah tersebut akan sangat merepotkan jika tidak bisa kamu atasi, karena suka ataupun tidak kamu akan terus berkomunikasi dengan dosen dan kakak tingkatmu selama di perkuliahan.


Untuk itu, coba kamu baca tips yang sudah bisa diterapkan untuk kirim WhatsApp dosen pembimbing yang sopan 


1.      Awali Pesan dengan salam

Seperti pesan pada umumnya, sebaiknya kamu mengawali pesanmu dengan salam. Dalam tahap ini kamu juga dapat menyampaikan permohonan maaf karena telah mengganggu waktu dari dosen/katingmu.


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh/selamat siang Pak/Bu…

Sebelumnya mohon maaf mengganggu waktu Bapak/Ibu..

 

2.      Perkenalan diri 

Selanjutnya kamu juga harus memperkenalkan diri kamu, karena orang akan enggan untuk merespon pesan dari orang yang tidak di kenalnya 

Jika itu dalam ranah kuliah maka kamu h.arus memperkenalkan dirimu sesuai dengan identitasmu sebagai mahasiswa, itu juga berlaku jika kamu menghubungi dosenmu perihal organisasi maka kamu harus memperkenalkan diri sebagai anggota/pengurus di suatu organisasi tertentu.


Izin memperkenalkan diri Pak/Bu, saya Octa Mahasiswa PS Ilmu Hukum Angkatan 2019

 

3. Mengutarakan tujuan secara jelas 

Selanjutnya, kamu akan masuk ke dalam tujuanmu dan alasanmu menghubungi dosen tersebut. Jika kamu ingin mengingatkan Jam perkulian gunakan kata “Izin mengingatkan”, jika kamu ingin memberikan informasi atau konfirmasi gunakan kata “Izin memberikan informasi/konfirmasi”.


4.  Menggunakan bahasa formal 

Dalam mengirim chat dosen tentu bahasa yang digunakan harus berbeda dengan kalimat yang kamu kirim dengan teman sekelas/seumuran.

Bahasa yang harus kita gunakan adalah bahasa indonesia sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan menghindari bahasa tongkrongan  seperti “Enggak, gw, lo, sabi dan lain sebagainya”.

 

5. Memperhatikan Waktu

Berikutnya, hal yang harus kamu perhatikan juga adalah waktu yang efektif untuk menghubungi dosen. Tidak semua dosen welcome jika kamu hubungi setiap saat. Kecuali kamu sudah mengetahui karakter dosen itu baik dari kakak tingkat atau obyektif dari penilaianmu. Sebaiknya hubungi dosen pada jam kerja.


6. Ucapkan terimakasih dan permohonan maaf

Tips terakhir yang dapat kamu terapkan adalah mengucapkan terimakasih kepada dosen yang kamu hubungi melalui chat. Selain terimakasih kamu juga dapat meminta maaf kembali kepada dosenmu.


Terimakasih Pak/Bu, Sekali lagi mohon maaf telah mengganggu waktu Bapak/Ibu.

 

Demikianlah tips yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan diterapkan sebagai mahasiswa untuk menghubungi dosen, perihal masalah akademis maupun lainnya yang mengharuskan kirim pesan melalui WhatsApp.

 

Selamat mencoba teman, semoga berhasil.



Agus Nurwahid (PTK 2019)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda