5 Tips Sukses Laksanakan KKN Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Monday, December 19, 2022

5 Tips Sukses Laksanakan KKN Unila

Pelepasan Mahasiswa KKN Putera Daerah Periode 1 Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu momen saat kuliah yang dirindukan ya sahabat.  Pasalnya, tidak hanya menjadi SKS wajib, KKN juga cukup membutuhkan effort yang besar dalam melaksanakannya.

Ada yang unik sahabat, statement yang kerap kali muncul di mahasiswa unila. “Yang pacaran bisa putus, yang baru kenal bisa jadian karena momen KKN”.  Hehe

Tentu itu kembali lagi kepada individu masing-masing ya sahabat.  Sepatutnya sahabat bisa fokus menjalankan KKN sebagai tugas akademik dengan sebaik-baikya.  Hal yang menjadi point penting adalah agar semua yang sahabat lakukan saat KKN tidak menyalahi peraturan dan norma masyakat yang berlaku.

Setidaknya ada 5 tips yang dulu aku terapkan, sehingga sukses menjalankan KKN.

1. Mempersiapkan Program Kerja (Proker/Progja) KKN yang efektif dan efisien

Seringkali peserta KKN menyusun program kerja dengan ambisius dan cenderung mencari hal yang “WAH” dan bukan pada esensi atau aspek fungsionalnya. Sehingga program yang dilaksanakan justru kurang tepat sasaran, dan membutuhkan biaya yang besar.

Program kerja KKN yang baik akan sangat ditentukan oleh pelaksanaan Pra-KKN.  Pra-KKN atau survei sebelum KKN menjadi pijakan awal setiap kelompok untuk menyusun progja yang efektif sesuai dengan kondisi Sumberdaya Alam (SDA) dan Sumberdaya Manusia (SDM) yang ada di lokasi penempatan.

2. Menjadi Koordinator Desa (Kordes) atau Koordinator Kecamatan (Korcam)

Keberanian menjadi kunci kesuksesan dalam melaksanakan KKN.  Banyak peserta enggan menjadi leader ya sahabat.  Alasannya karena malu, tidak biasa dan lainnya.  Padahal, dunia pendidikan menjadi momen yang tepat untuk melatih keberanian dan pembentukan karakter. 

Berani menjadi Kordes merupakan pilihan yang tepat untuk belajar kepemimpinan.  Selain mendapat jejaring yang luas, sahabat juga akan mendapat nilai plus dari Dosen Pembimbing Lapang (DPL) jika melaksanakan tugas dengan baik.  So, jangan ragu jadi leader di kelompokmu ya sahabat.

3. Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di desa KKN

Program KKN yang baik adalah program yang dapat melibatkan berbagai unsur masyarakat dalam pelaksanaannya.  Sehingga, program yang sahabat buat dapat mencerdaskan masyarakat.  Artinya bukan hanya sekedar formalitas saja ya sahabat.  Tentu, kondisi masyarakat dan desa KKN yang baik akan memudahkan sahabat dalam melaksanakan Progja KKN.  Maka berikan kesan pertama yang baik saat pra-KKN, dan dilanjutkan dengan pelaksanaan KKN yang baik juga ya sahabat.

4. Pro-aktif dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan desa

Penempatan desa KKN yang dilakukan secara acak tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi sahabat.  Sebagai tamu sahabat juga harus dapat menyesuaikan diri. Sahabat tidak boleh hanya membuat program kerja untuk mengundang masyarakat, tetapi juga mengikuti kegiatan masyarakat itu sendiri misalnya budaya yang khas di masyarakat seperti, kerja bakti/gotong royong, rewangan acara hajatan, yasinan, tahlilan, peringatan hari besar, olahraga dan lain sebagainya.  Terlebih lagi akan lebih baik, jika sahabat dapat membuat progja KKN yang sinkron dengan kegiatan masyarakat tersebut.

Kecepatan adaptasi sahabat akan sangat diperlukan pada saat KKN. Jika sahabat merupakan orang lapangan (ekstrovert) bukan hal yang sulit untuk menyesuaikan diri, tapi bagi sahabat yang kurang suka keramaian (introvert) sebaiknya banyak belajar untuk bersosialiasi ya sahabat.  Kata bijak “Dimana Bumi dipijak, Disanalah langit di Junjung“ sangat relate untuk di terapkan saat KKN sahabat.

5. Mengikuti peraturan KKN yang berlaku

Tips yang terakhir adalah mengikuti peraturan pelaksanaa KKN yang berlaku.  Artinya, empat tips yang sudah sahabat lakukan akan sia-sia jika sahabat tidak taat dengan peraturan KKN dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Demikian tips yang dulu aku terapkan, sehingga sukses dalam melaksanakan KKN.  Selamat mencoba sahabat, semoga sukses dalam menjalankan KKN.


Agus Nurwahid (Koordinator Desa KKN Putera Daerah periode 1 2022, Desa Karang Agung, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda