Ngaji Rutin Kitab Khulasoh Nurul Yaqin I KMNU Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Saturday, April 24, 2021

Ngaji Rutin Kitab Khulasoh Nurul Yaqin I KMNU Unila

 

Notulensi Ngaji Kitab Khulasoh Nurul Yaqin 
Kamis, 22 April 2021
Bersama Mas Fuad Hasyim, S. Sos.
Melalui Google Meet

7. Perjalanan Nabi Menuju Negeri Syam
1). Ketika umur nabi 25 tahun. Nabi melakukan perjalanan ke Syam untuk ke dua kalinya. Untuk memperdagangkan harta Khadijah
2) Khadijah memperkerjakan laki" untuk memperdagangkan hartanya di luar Mekah yaitu ke kota Bashroh negara Syam
3). Sungguh sesungguhnya Khadijah memilih nabi untuk memperdagangkan hartanya karena nabi memiliki sifat, seperti jujur, dan amanah.
4) Nabi tidak sendiri, nabi ditemani oleh seorang laki" bernama Maisaroh, dimana beliau merupakan orang kepercayaan Khadijah lainnya.. Saat nabi berdagang, dagangannya mendapatkan profit yang sangat meningkat, padahal sebelum-sebelumnya Khodijah belum pernah ada profit sebesar ketika hartanya di perdagangkan nabi Muhammad Saw.

8. Pernikahan Nabi dengan Khadijah
1). setelah melakukan perjalanan selama 2 bulan, nabi menikah dengan Khadijah. dimana Khadijah adalah pihak yang melamar Nabi Muhammad Saw.
2). Disaat menikah, usia Khadijah ialah 40 tahun sedangkan nabi berusia 25 tahun
3. Sebelumnya Khadijah pernah menikah dengan abu Halah. Khadijah menjadi janda karena abu Halah meninggal dunia, bukan akibat perceraian. Dan pernikahan nya sudah dikarunia seorang anak bernama Halah
4). kata "Berpoligami bukan Sunnah di zaman Khadijah." diganti : Semasa membina rumah tangga dengan khodijah, nabi tidak pernah menikah dengan wanita lain.


9. Keputusan Nabi Antara Suku Quraisy perihal Hajar Aswad
1). pada usia 35 tahun, nabi ikut merenovasi ka'bah
2.  Sungguh, Rasulullah ikut membantu dalam perbaikan Ka'bah, Nabi ikut mengangkat batu. paman beliau yang juga ikut merenovasi ka'bah adalah Abbas.
3. Terjadi perselisihan antar kepala suku Quraisy, prihal menaruh kembali Hajar Aswad. Petinggi suku Quraisy merasa berhak. Kemudian mereka mufakat, siapa yang terlebih dulu masuk pintu, maka orang tersebut berhak mengambil keputusan.
4). Takdir Allah maha baik. Yang pertama kali masuk ialah Nabi Muhammad. Hati mereka gembira, mereka berkata bahwa mereka Ridho kepada Al-Amin (julukan nabi). 

Dina Safitri (Adm. Bisnis 2019)

Bagikan artikel ini

1 comment