6 Cara Lulus Wawancara KIP Kuliah di Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Monday, May 9, 2022

6 Cara Lulus Wawancara KIP Kuliah di Unila

Cara Lulus Wawancara KIP Kuliah di Unila

Wawancara/interview KIP Kuliah atau yang dulu  dikenal dengan nama bidikimisi merupakan salah satu tahap yang sangat menentukan kalian berhak lulus atau tidaknya menjadi mahasiswa penerima KIP kuliah di Universitas Lampung (Unila).

So, kamu dan para kandidat mahasiswa KIP kuliah harus mempersiapkan dengan baik segala sesuatu agar sukses dalam wawancara. Persiapan dapat berupa persiapan diri maupun persiapan pendukung. 

Tips Lulus Wawancara KIP Kuliah di Universitas Lampung.

Setidaknya ada Enam tips yang dapat diterapkan agar lulus wawancara KIP Kuliah di Unila. seperti yang pernah saya terapkan dahulu ketika lulus menjadi mahasiswa bidikmisi/KIP K di Universitas Lampung (Unila).

1. Kelengkapan berkas

Sebelum bergegas untuk mengikuti wawancara sudah menjadi kewajiban kamu untuk melengkapi berkas-berkas yang diminta.

Bukan tanpa alasan ya, karena persentase pendaftar KIP Kuliah di Unila sangat banyak, tentunya reviewer akan menilai kelengkapan berkas terlebih dahulu sebelum penilaian lainnya. Artinya sejak jauh-jauh hari kamu harus sudah melengkapi berkas-berkas yang diminta oleh pihak pengelola KIP Kuliah Unila.

2. Percaya diri dan beretika, tunjukkan kesan pertama yang baik.

Mungkin dari kita sering mendengar kata kesan pertama atau First Impression. Tentu saja dalam wawancara KIP K Unila juga demikian, reviewer akan menilai kamu dari pertama kamu datang ke ruang interview. Pastikan kamu dalam konsisi siap dan sehat, karena kondisi yang prima akan membantumu dalam menyelesaikan wawancara dengan baik. 

Banyak orang gagal dalam memberikan kesan pertama yang baik, biasanya karena gugup dan dan tidak siap dalam melakukan interview.

3. Jujur dan tegas dalam menjawab pertanyaan yang diajukan

Setelah kamu berhasil mengambil hati pewawancara dengan kesan pertama yang baik, perjuangannmu tidak langsung selesai begitu saja. Selanjutnya kamu harus lebih tenang, karena berbagai pertanyaan akan dilontarkan untuk menguji apakah kamu layak menerima KIP K atau tidak.

Cara kamu menjawab dan apa jawabanmu akan menjadi penilaian penting. Maka jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan tegas. Tegas yang dimaksud yaitu tidak berbelit-belit dan meyakinkan.  Biasakan menjawab pertanyaan dengan kata “Izin menjawab” baru utarakan jawaban kamu dengan lugas dan penuh keyakinan.

4. Membawa berkas-berkas pendukung

Tips selanjutnya, yaitu membawa berkas-berkas pendukung.  Mungkin sebagian orang berfikir bahwa kalau sudah membawa berkas yang menjadi persyaratan sudah cukup.

 Akan tetapi, perlu kamu fikirkan bahwa semua yang mengikuti wawancara akan melengkapi berkasnya walaupun akan ada sebagian kecil dari mereka yang tidak lengkap berkasnya. Sehingga kamu perlu membawa berkas pendukung untuk menguatkan jawaban dan menjadi point plus untuk kamu. Pewawancara tidak akan bertanya banyak jika jawaban kamu punya dasar yang jelas, yaitu berkas pendukung.

5. Memperhatikan penampilan

Tips yang kelima adalah memperhatikan penampilan. Seperti yang sudah dibahas sebelunmnya, bahwa kesan pertama yang kamu bangun akan sangat membantumu dalam melakukan wawancara secara sukses.

Kenakan pakaian yang rapih, sopan, dan tidak berlebihan sehingga benar-benar merepresentasikan dirimu. Tidak perlu mengenakan pakaian yang tidak biasa kamu pakai hanya untuk meminta belas kasih, karena pewawancara akan kehilangan respect dengan kamu. Maka yang paling tepat adalah “Jadi  dirimu sendiri”.

6. Berdo’a dan tawakal 

Setelah ikhtiar sudah dilangitkan, untaian do’a juga harus kamu panjatkan kepada Tuhan YME.  Usaha tanpa do’a adalah sombong dan do’a tanpa usaha adalah bohong. Maka kamu harus mengatur keseimbangan diantara keduanya.

Mintalah do’a orang tua, keluarga dan jangan lupa do’a guru-guru hebat yang telah mengajarkan ilmu pengetahuan sehingga kamu bisa sampai di titik sekarang ini sebagai mahasiswa/i calon penerima KIP kuliah Unila.

Itulah tadi tips lulus wawancara Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Universitas Lampung (Unila) yang pernah saya lakukan. Semoga bisa membamtu teman-teman untuk kuliah gratis di Unila.

*Agus Nurwahid, Ketua Angkatan Bidikmisi/KIP Kuliah Unila 2019

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda