Pentingkah Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa?? - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Tuesday, August 29, 2023

Pentingkah Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa??

 Pentingkah Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa??


Halo sobat Mahasiswa!!

Organisasi merupakan wadah atau tempat dimana para mahasiswa dapat berkumpul, bertukar pikiran, dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi mampu mengembangkan diri kamu dengan cara yang lebih bebas dan luas. Tentunya mahasiswa yang mengikuti suatu organisasi akan berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar di kelas lalu pulang saja atau biasa disebut mahasiswa kupu-kupu. Organisasi dapat melatih kedisiplinan, keberanian dan mengembangkan kemampuan. Baik kemampuan yang sederhana maupun kemampuan yang baru dan berbeda dari kebanyakan orang.

Sebagian besar mahasiswa menganggap bahwa mengikuti suatu organisasi merupakan hal yang merepotkan, ribet dan banyak memakan waktu. Padahal dengan mengikuti suatu organisasi akan dipertemukan dengan orang-orang yang bisa menjadi motivasi untuk kamu belajar banyak hal, salah satunya yaitu belajar bekerja sama dalam tim, yang nantinya bisa kamu gunakan dimasa yang akan datang. Intinya dalam berorganisasi diharapkan dapat mencapai tujuan bersama yang efektif dan efisien. 

Lalu, apa sih pentingnya mahasiswa mengikuti organisasi??

Yuk simak terus.... Berikut 6 pentingnya mahasiswa berorganisasi:

1. Membangun Relasi

Pentingnya mengikuti sebuah organisasi yang pertama yaitu bertemu dengan banyak orang. Dengan begitu, kamu akan terinspirasi dari orang tersebut, misal lebih semangat lagi dalam bidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, dengan banyak relasi akan sangat bermanfaat untuk masa depan, tidak hanya ketika berkuliah saja, namun kamu akan terbantu lebih mudah mencari pekerjaan, berbisnis dan lain-lain. Dan yang terpenting saat ini adalah mencari relasi sebanyak-banyaknya. 

2. Meningkatkan Bakat dan Menambah Kemampuan Berkomunikasi

Meningkatkan soft skill dalam organisasi dapat dilakukan dengan mengikuti bermacam-macam lomba yang nantinya akan di bimbing oleh para senior dalam organisasi tersebut. 

Kemudian dalam organisasi pasti ada rapat yang tentunya akan rutin diadakan guna membahas program kerja untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam rapat kamu akan dituntut untuk berani berpendapat, memberikan kritik, dan juga mempresentasikan mengenai ide gagasan yang ingin  diajukan. Dengan demikian kamu akan terbiasa berbicara di depan umum, secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi atau public speaking skill.

3. Menambah Wawasan

Dalam organisasi, pasti akan adanya suatu pertemuan anggota dimana anggota akan saling bertukar pikiran atau memberikan suatu ide terbaik dan juga memberikan alasan yang kuat mengenai ide tersebut. Untuk mendapatkan ide dan alasan yang kuat, pastinya kita membutuhkan riset. Dengan begitu wawasan akan kita peroleh dari pencarian riset tersebut, atau wawasan juga kita bisa dapatkan dari teman-teman anggota lainnya.

4.  Melatih Kepemimpinan 

Dalam sebuah organisasi, melatih kepemimpinan juga tak kalah penting untuk mempersiapkan dunia kerja nantinya. Jiwa kepemimpinan tidak hanya dimiliki oleh seorang ketuanya saja, namun juga harus dimiliki oleh setiap anggota organisasi, seperti sekretaris, bendahara, maupun divisi-divisi lainnya. Dalam jiwa kepemimpinian kamu akan belajar bagaimana untuk dapat bertanggung jawab dengan diri sendiri maupun orang lain, tidak mengedepankan ego, bijaksana dalam mengambil keputusan dengan mengedepankan kepentingan bersama, serta dapat mengatur dan mampu merencanakan sesuatu dengan penuh pertimbangan agar rencana tersebut bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan dari organisasi tersebut.

5. Belajar Manage Waktu

Ketika berorganisasi tentunya banyak sekali kegiatan-kegiatan yang akan menyita banyak waktu, seperti rapat pertemuan antar anggota, merencanakan suatu kegiatan, bersosialisasi, dll. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu akan terbiasa dapat mengatur waktu dengan baik, antara jam kuliah dengan kepentingan organisasi, dan belajar memilah-milih antara kegiatan prioritas dan non-prioritas. Berorganisasi sangat berdampak baik untuk kita sebagai mahasiswa, tidak hanya saat berkuliah saja, namun akan terbiasa dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat sudah bekerja, bila mana akan lebih sibuk dan harus lebih pandai dalam membagi waktu. 

6. Keluar dari Zona Nyaman

Pentingnya ikut organisasi memiliki manfaat yang banyak bagi diri sendiri dan orang lain. Kamu akan terus belajar dengan apa yang pernah diamanahkan atau sebuah peranan dalam organisasi tersebut.  Kamu bisa keluar dari zona nyaman dan belajar di dunia lain. Bahkan di dunia yang sulit untuk diperankan. Dalam peranan yang diberikan oleh organisasi, siapa tahu di masa depan kamu akan bekerja dan memerankan peranan yang sama ketika di organisasi. Jadi, lakukan peranan tersebut dengan baik dan pelajari segala hal agar bisa lebih maksimal. 

Demikianlah artikel singkat tentang Pentingkah Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa?, semoga setelah ini, pembaca bisa menilai dan menentukan sendiri penting atau tidaknya organisasi di kampus buat kalian para mahasiswa.

Semangat Mahasiswa!!

Oleh : Syifa Nur Rahma (Kader Penggerak KMNU)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda