Ngaji Rutin Kitab Khulasoh Nurul Yaqin, KMNU Unila - KMNU-UNILA.Org : Menebar Dakwah Ahlussunnah Waljama'ah Annahdliyah

Monday, August 16, 2021

Ngaji Rutin Kitab Khulasoh Nurul Yaqin, KMNU Unila

Notulensi Ngaji Kitab “Khulasoh Nurul Yaqin” 
Bersama Mas Fuad Hasyim, S.Sos.
Ahad, 15 Agustus 2021
Melalui Google Meet


22. Gangguan Kaum Quraisyi kepada Sahabat Rasullullah saw.
1. Ketika kaum Quraisyi melihat Nabi SAW menjadi lebih mulia dan  dihormati, maka berhentilah mereka mengganggu Nabi Saw .
2. Kaum Quraisy berpindahlah mengganggu para sahabat Nabi Saw terutama mereka yang lemah yaitu orang-orang yang tidak memiliki penolong (maknanya kaum Budak dan orang-orang miskin).
3. Maka tiap kabilah mengganggu para sahabat Nabi Saw yang masuk islam dengan memukul, memenjarakan, memboikot makanan dan minuman, sehingga diantara mereka merasakan siksaan yang pedih sampai untuk duduk pun tidak sanggup dan sampai tak bisa mendengarkan (dalam keadaan hidup dan mati saking pedihnya siksaan mereka).
4. Sebagian yang mereka siksa adalah Bilal, Ammar bin Yasir beserta saudara, bapak dan ibunya kemudian Khabbab bin Arat.
5. Diantara siksaan bilal bin Rabbah (Budak Umayyah) adalah
- Leher diikat dan tali kemudian diberikan kepada anak-anak untuk dimainkan.
- Bilal dipanggang dengan ditaruh di padang pasir yang panas dan dibagian dada ditindih dengan batu.
- Bilal ditawarkan apabila tidak mau disiksa maka diminta kembali ke agama kafir Quraisy, namun jawaban bilal adalah “Ahad, ahad, ahad” yang maknanya beliau tetap teguh beriman pada Allah yang Esa. Baru setelah Abu Bakar melihat siksaan tersebut, Bilal bin rabah di beli oleh Abu Bakar untuk di merdekakan.
6. Saidina Ammar dan keluarganya
- Siksaanya dalam bentuk dibiarkan di terik matahari padang pasir, didera, disulut dengan api menyala. Dan ayah ibunya tidak kuat dan akhirnya meninggal. Istrinya Amamr yaitu Sumayyah pun meninggal karena ditusuk dengan tombak dari selakangan hingga tembus ke punggung.  
7. Khobab
- Majikan Khobab setelah mengetahui bahwa Khobab masuk kedalam islam dan pada saat itu majikan Khobab membawa besi dan ditusukan kebagian punggung sampai berlubang/membekas.

23.  Tuntutan/permintaan Kaum Quraisyi kepada Nabi Saw
1. Ketika kaum quraisyi mendapati yang mereka lakukan tanpa hasil, bahkan menambah keimanan kaum muslimin, maka pergilah mereka ke Rasullulah saw.
2. Mereka mengajukan Loby kepada Nabi dimana mereka mau menyembah Tuhannya nabimuhammad (maksudnya Allah) dan juga sebaliknya, Nabi mau menyembah Tuhannya Quraisy (berhala-berhala) selama satu tahun.
Namun permintaan tersebut langsung di Jawab oleh Allah dengan turunnya surat Al-kafirun yang artinya:

“Katakanlah (Muhammad), "Wahai orang-orang kafir!.
aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,
dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,
dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.
Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."

3. Ketika mereka putus asa, maka mereka meminta Nabi saw menghapus sebagian ayat Alquran yang tidak sesuai dengan keinginan mereka atau setidaknya mengganti/merevisi ayat-ayat yang tidak mereka suka dengan ayat lain. Diantara ayat yang diminta untuk dirubah adalah ayat-ayat yang mengutuk/mencela para sesembahan Quraisy yaitu Berhala-berhala mereka. Sehubungan dengan itu, maka turunlah ayat Al-Quran surah Yunus 15  
“ Katakanlah : “ Tidakah patut bagiku menggantinya dari pihak diriku sendiri. Aku tidak mengikut kecuali apa yang diwahyukan kepadaku.”

Iis Ariska'THP2021



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda